toto toto toto toto slot situs toto Situs Toto Situs Toto Situs Toto Situs Toto Situs Toto Situs Toto Situs Toto Situs Toto PUCUK4D Situs Toto Toto Togel Situs Toto Toto Slot Situs Toto Situs Toto Situs Toto Toto Togel Toto Slot Situs Toto Toto Slot Situs Toto Toto Slot Situs Toto PASCOL4D PASCOL4D PASCOL4D Toto Slot LICIN4D Slot 4D LICIN4D Toto Togel Toto Togel Toto Situs Toto Toto Togel Toto Togel Situs Toto Toto Slot KARI4D Slot 4D Toto Slot Toto Slot Toto Slot Slot 4D Toto Slot BYDPLAY Toto Slot Situs Toto Toto Slot Toto Togel Toto 4D Situs Toto
Latihan Reframing Diri dengan Bantuan AI: Tranformasi Pikiran Negatif menjadi Pikiran Positif

Abstrak

Pola pikir negatif dapat menjadi hambatan serius dalam perkembangan pribadi dan kesejahteraan psikologis individu. Salah satu strategi efektif untuk mengatasi pola pikir negatif adalah reframing, yaitu proses mengubah cara pandang terhadap situasi atau pengalaman yang menimbulkan stres menjadi sudut pandang yang lebih positif dan konstruktif. Seiring dengan perkembangan teknologi, kecerdasan buatan (AI) mulai dimanfaatkan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam intervensi psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi latihan reframing diri dengan bantuan AI serta mengkaji efektivitasnya dalam mengubah pola pikir negatif menjadi positif. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif melalui studi kasus terhadap individu yang menggunakan aplikasi AI sebagai media latihan reframing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latihan reframing berbasis AI dapat membantu individu mengenali pola pikir negatif, memberikan umpan balik reflektif secara real-time, serta mendorong terbentuknya kebiasaan berpikir yang lebih adaptif. Temuan ini mengindikasikan bahwa AI berpotensi menjadi alat bantu yang efektif dalam proses pengembangan diri dan penguatan kesehatan mental.

https://doi.org/10.56495/jpml.v2i1.1084
PDF (English)

Referensi

Burns, K. (1999). Colonial habits: Convents and the spiritual economy of Cuzco, Peru. Duke University Press.

Corey, G., Haynes, R. H., Moulton, P., & Muratori, M. (2020). Clinical supervision in the helping professions: A practical guide. John Wiley & Sons.

Indarta, Y. (2025). Future-ready skills: Transformasi kompetensi di era digital. Pustaka Galeri Mandiri.

Irawan, E., Arif, S., Hakim, A. R., Fatmahanik, U., Fadly, W., Hadi, S., Pertiwi, F. N., et al. (2020). Pendidikan tinggi di masa pandemi: Transformasi, adaptasi, dan metamorfosis menyongsong new normal. Zahir Publishing.

Latipun, & Zuriah, N. (2025). Pendidikan kontemporer: Kajian filsafat dan teori. UMMPress.

Nguyen, N. P., Nguyen, T. T. H., Nguyen, H., & Flynn, O. (2023). Does transformational leadership influence organisational culture and organisational performance: Empirical evidence from an emerging country. IIMB Management Review, 35(4), 382–392.

Nurhayati, S., Haluti, F., Nurteti, L., Pilendia, D., Haryono, P., Hiremawati, A. D., Afrizawati, A., et al. (2024). Buku ajar teori belajar dan pembelajaran. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Rasyad, H. A. (1999). Teori belajar dan pembelajaran. Uhamka Press.

Woodworth, E. (2023). How the World Economic Forum damages the credibility of climate science. American Journal of Economics and Sociology, 82(5), 493–511.

Yusuf, M. (2023). Inovasi pendidikan abad-21: Perspektif, tantangan, dan praktik terkini. Selat Media.

Zuhdi, R. (2024). Dasar-dasar ilmu pendidikan. PT. Penerbit Qriset Indonesia.

Creative Commons License

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Hak Cipta (c) 2025 Gusman Lesmana, Ali Amran, Deliati Deliati